23 July, 2013

PEDULI GIGI SEHAT 2013 SEKOLAH ADISA BANTAR GEBANG

Masalah kesehatan tidak luput dari pengawasan Rotaract Jakart Gambir sebagai organisasi kepemudaan berbasis sosial. Hal tersebut pula yang akhirnya menggerakan para pemuda pegiat sosial Roataract Jakarta Gambir untuk berkunjung kesekolah Adisa yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang pada 29 Mei 2013.

Tinggal dan menuntut ilmu disekolah yang penuh dengan tumpukan sampah tentu saja bukan menjadi hal mudah bagi para anak-anak Bantar Gebang. Rasanya tidak ada tempat yang lebih kotor disekitar Jakarta dibanding dengan tempat tersebut.

Namun anak-anak sekolah Adisa tetap bersemangat untuk mencari ilmu demi hidup yang lebih baik. Iyah, mereka tidak lagi mau hidup ditengah tumpukan sampah dengan aroma busuk yang menyengat dan begitu melekat dikulit.

Suasana tersebut begitu mengugah hati Rotaract Jakarta Gambir untuk berkunjung dan member pengarahan kepada para anak-anak Bantar Gebang tentang pentingnya kesehatan ditengah sanitasi buruk dimana mereka tinggal.

Dalam kesempatan tersebut Rotaract Jakarta Gambir mengajak anak-anak yang tinggal di Tempat Pembuangan Akhir Bantar Gebang untuk bergosok gigi bersama dalam acara Peduli Gigi Sehat 2013. Kami juga memberikan penyuluhan kepada anak-anak tersebut tentang pentingnya kesehatan gigi dan tubuh.

Sebelum kita menggosok gigi bersama kami juga mengajak para adik-adik yang berada di Sekolah Adisa tersebut untuk bermain bersama dan membaginya menjadi tiga bagian. Pada adik-adik yang duduk di PAUD dan TK kami mengajaknya untuk mewarnai bersama. Pada adik-adik sekolah dasar kami mengajaknya untuk tampil didepan kelas dan menceritakan kehidupan sehari-hari mereka sebagai anak Bantar Gebang.

Kemudian pada siswa SMP kami mengajaknya untuk mengarang ebuah puisi dan mebacarkannya didepan kelas. Dengan cara itu kami berusaha untuk berbagi kegiatan disela-sela aktivitas mereka yang sering mereka habiskan ditengah tumpukan sampah dibanding bersenda gurau dan belajar bersama rekan mereka.

Sebagai wujud kepedulian Rotaract Jakarta Gambir kepada masyarakat dan generasi penerus bangsa. Kami juga membagikan alat mandi berupa sabun mandi, shampoo, sikat dan pasta gigi sebagai pengingat bagi mereka untuk terus hidup bersih.

Iyah, mungkin memang tidak banyak yang bisa kami bagikan kepada mereka. Namun semoga ilmu yang kami bagikan pada hari itu akan terus dikenang oleh anak-anak Sekolah Adisa hingga mereka dewasa nanti.



0 comments:

Post a Comment