08 August, 2012

Pasar Murah Ramadan 2012

Dear All Rotaractors,
Tidak terasa bulan Ramadan sudah berjalan hampir setengahnya. Di mana bulan yg sejatinya penuh berkah ini juga merupakan moment yang tepat untuk berbagi.

Untuk turut membantu warga di luar sana yang membutuhkan, pada tanggal 29 Juli 2012 kemarin kami dari Rotaract Gambir membuat suatu Project yaitu "Pasar Murah Ramadan" (PMR). Apa itu PMR? PMR adalah suatu kegiatan bakti sosial Rotaract Gambir yang diselenggarakan setiap bulan ramadhan, yang terdiri dari serangkaian acara penjualan sembako dengan value setengah harga dan penjualan baju bekas layak pakai dengan harga yang sangat terjangkau oleh komunitas setempat di mana hasil dari penjualan tersebut akan kami sumbbangkan kembali kepada komunitas tersebut dalam bentuk barang yang dapat berguna untuk mereka. Pada PMR 2012 kali ini, Rotaract Gambir sangat. beruntung karena bisa dibantu oleh Rotaract Metropolitan, Rotaract Sentral, dan juga beberapa volunteer. Selain dukungan tenaga, mereka juga memberikan dukungan secara moril dengan mengikuti acara ini dengan semangat walaupun sedang menjalani puasa.

Setelah mengumpulkan sumbangan baju bekas dari berbagai tempat, kamipun mendapatkan sumbangan berupa ratusan baju, tas, sepatu, bahkan boneka!! 
Hasil dari sumbangan tersebut nantinya akan kami pilah-pilah berdasarkan jenisnya (cowok, cewek, anak2).

PMR kali ini kami adakan di daerah perkampungan nelayan, Cilincing. Tempat yg letaknya tidak terlalu jauh dengan pusat ekspor impor Tanjung Priok, akan tetapi sangat jauh untuk segi ekonomi dari hasil manis perdagangan tersebut. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan ataupun sebagai pengupas kerang yang notabene penghasilannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penduduk di sana. Oleh faktor tersebutlah kami berinisiatif untuk mengadakan PMR di daerah ini.

Hasilnya ternyata sangat luar biasa!!
Hasil sumbangan ratusan baju yang terkumpul dan 150 paket sembako yang ada, semuanya habis dalam waktu satu hari!!
Antusiasme penduduk di sana yang turut mengikuti prosedur antrian yang kami buat memacu semangat kami untuk terus menjajakan pakaian yang ada meskipun banyak dari para rotaractor, volunteer, maupun para penduduk di sana yang berpuasa. Senyuman kebahagiaan yang terpancar pada waktu melakukan pembelian baju dan sembako pun turut menjadi sumber semangat kami di hari yang terik itu.

Untuk hasil dari PMR ini sendiri, setelah kami melakukan survey akan kebutuhan oleh masyarakat Cilincing, maka kami memutuskan hasil dari PMR kali ini akan kami berikan dalam bentuk pelengkapan musholla yang akan di bagikan kepada 3 musholla yang ada di daerah tersebut.

Rasa puas menyelimuti perasaan kami, hasil jerih payah di tengah kerumunan manusia, teriknya matahari terbayar, dan keringnya tenggorokan menahan dahaga terbalas sudah dengan senyuman lebar dari orang tua maupun anak-anak yang ada di sana.
Tidak cukup rasanya ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para member, Rotaract Metropilitan, Rotaract Sentral, dan volunteer yang turut serta dalam acara Pasar Murah Ramadhan kali ini. Semoga acara kali ini membawa berkah kepada penduduk di sana, dan juga acara ini dapat terus terlaksana dengan cakupan wilayah yang lebih luas dan juga bantuan dari Rotaractor yang ada di wilayah Jakarta sekalian.

Sekian laporan project kali ini.

Salam,

Rtr. Hartanto Yaputra
Gambir So Delicious
(RAC Gambir Social Organization Developing Young Leaders through Sincerity)

Best Regards,
Hartanto Yaputra

0 comments:

Post a Comment